Fungsi teknologi GPS

Teknologi semakin maju dengan hadirnya GPS (global positioning system), yang dapat menentukan posisi PETA dengan tepat melalui bantuan satelit, Aplikasi GPS dalam bidang transportasi khususnya pada sistem pemantuan armada kendaraan atau Fleet Management System merupakan integrasi dari teknologi yaitu teknologi penentuan posisi dengan GPS, teknologi SIG (Sistem informasi geografis) dan teknologi komunikasi data.

Dalam sistem ini, GPS berfungsi sebagai alat penentuan posisi kendaraan, SIG sebagai penyedia informasi spasial dan sebagai "latar belakang" posisi kendaraan yang akan di pantau dan jaringan komunikasi data sebagai penghubung antara kendaraan dan pusat kontrol.

Teknologi GPS mulai dikembangkan sekitar tahun 70-an oleh pihak militer Amerika Serikat melalui Departemen pertahanan USA yang di gunakan untuk militer negaranya.

Seiring dengan perkembangan system ini, GPS telah digunakan secara luas di perbagai bidang di luar kepentingan militer, dan di kembangkan tidak hanya di negara Amerika Serikat saja, melainkan di seluruh dunia.

Pada lingkup penelitian, GPS dapat digunakan untuk studi Geodinamika, deformasi, studi oseanografi, dan lain-lain. Salah satu hal yang menarik dari penggunaan GPS ini dalam keperluan oseanografi yaitu GPS Buoy System. GPS buoy system digunakan di antaranya untuk penentuan pusat lepas pantai, studi pola arus, Tsunami EWS, dan lain-lain.

GPS mampu memberikan ketelitian posisi sampai sentimeter bahkan milimeter. Untuk mencapai ketelitian yang tinggi dengan menggunakan GPS Buoy digunakan metoda kinematik diferensial baik itu secara real time (RTK) maupun kinematic post processing. Untuk beberapa kasus biasa digunakan Differential GPS (DGPS).

Seperti yang telah disebutkan di atas untuk GPS Buoy, metode penentuan posisinya bisa RTK (Real Time Kinematic), kinematik diferensial post proccesing, dan bisa juga DGPS (Differential Global Positioning System), tergantung kebutuhannya.

Sistem RTK (Real Time Kinematic) adalah suatu akronim yang sudah umum digunakan untuk penentuan posisi real time secara diferensial yang menggunakan data fase.

Sistem ini umumnya digunakan untuk penentuan obyek-obyek yang bergerak. Untuk merealisasikan tuntutan real-time nya, maka monitor station harus mengirimkan koreksi diferential (fase) ke pengguna secara real time dengan menggunakan system komunikasi data tertentu.

0 Response to "Fungsi teknologi GPS"